

Data umum
|
Jenis : Komik
Judul : Miki
Tikus, di selamatkan putri duyung
8 hlm, tahun 2000
|
Jenis : film
Judul : HOP
Durasi : 01:26:05
tahun 2011
|
Penyampaian content
|
Komik full
warna
|
Cartoon Animation | Comedy | Family
|
Content
|
Bercerita
tentang Miki yang sedang berlibur dan bermain di pantai, tiba- tiba
pelambungnya kemps, dia terbawa dan terjebak di tengah lautan. Lalu ia pun
tenggelam, dan diselamatkan oleh seekor putri duyung. Kemudian ia dibawa ke
pulau terpencil, saat Miki meminta untuk di pulangkan, Putri duyung itu
menolak karena ia ingin bermain dan berteman dengan Miki. Setelah beberapa
waktu mereka bermain bersama, Miki merasakan tidak ada kecocokan diantara
mereka berdua. Karena Miki merasa tidak bisa melakukan apa yang dilakukan putri
duyung, seperti makan cumi, menyelam, mengepak air dengan ekor. Saat putri
duyung ingin memulangkan Miki, munculan seekor ikan hiu yang akan memangsa
Miki. Namun putrid duyung menolong
Miki dengan melumpuhkan hiu tersebut. Dan akhirnya dipulangkanlah Miki ke
daratan tempat asalnya, dan Miki berpesan kepada putri duyung bahwa ia tidak
sendirian di lautan itu ada beberapa ekor lumba- lumba yang bisa dan ingin
bermain dengannya, akhirnya putri duyung pun berteman dengan lumba- lumba.
|
Bercerita
tentang seekor kelinci yang bernama EB, ia melarikan diri untuk mengejar
impiannya menjadi drummer terkenal, padahal ia harus bertugas menjadi kelinci
paskah yang mengirimkan banyak cokelat, permen, dan telur- telur paskah. Dan
EB pun bertemu dengan Fred seorang pengangguran, dan mereka pun tinggal
bersama disebuah rumah pinjaman dari kakak Fred. Kemudian mereka berteman,
dan Fred membantu EB di suatu kontes pencarian bakat. EB pun menjadi
pemenang dalam kontes tersebut, namun
pada saat ia akan tampil Fred diculik oleh Pink Barets. Dan Fred pun dibawa
ke pulau paskah. Akhirya EB memutuskan untuk kembali ke asalnya dan
mengorbankan popularitas yang akan dia miliki untuk menyelamatkan Fred dan
menggagalkan rencana ayam yang ingin menghancurkan hari pascah. Dan di akhir
cerita, EB di angkat menjadi kelinci paskah dan EB menjadi asistennya.
|
Tujuan / materi yang ingin disampaikan/pelajaran yang bisa diambil
|
·
Mengajarkan anak untuk
saling tolong menolong
·
Memberikan contoh agar
dapat mudah bergaul
·
Mengajarkan anak agar
tidak rendah diri, dengan apapun yang dimilikinya
|
·
Mengajarkan anak agar
tidak menjadi egois
·
Menghargai kebersamaan
·
Memberikan contoh kepada
anak, agar tidak mudah menyerah.
|
Sasaran pembaca/penonton
|
·
Anak usia awal dan tengah
·
Cenderung untuk anak laki-
laki karena karakter Miki yang cenderung identik dengan anak laki- laki.
|
·
Semua umur lebih cocok
usia anak dan dengan bimbingan orang tua.
·
Untuk laki- laki dan
perempuan karena tidak terlalu mengidentikkan pada laki- laki atau perempuan.
|
Pengemasan media (kelebihan & kelemahan)
|
·
Sesuai tujuan untuk
menyampaikan pesan kepada anak- anak.
·
Sudah jelas yang di
sampaikan, karena sesuai dengan bahasa yang biasa digunakan anak- anak.
·
Karakter putri duyung yang
egois, dan ada kata ‘penculikkan’
·
Miki yang melakukan
sesuatu dengan sembarangan.
|
·
Sesuai untuk anak awal dan
tengah, karena untuk anak yang usia ini masih cenderung menyukai animasi-
animasi lucu dan cenderung hewan- hewan.
·
Animasi kurang bervariasi.
·
Ada sisi negative untuk
anak- anak, masih ada kebohongan.
|
Teori yang relevan
|
·
Dalam teori Erikson,
disebutkan tekun dan rendah diri. Disini sang putrid duyung merasa rendah
diri dalam berteman, disana disebutkan bahwa putrid duyung merasa tidak memliki
teman.
·
Dalam teori Piaget,
pengembangan kognitif anak dikembangkan juga melalui warna- warna pada komik
tersebut.
|
·
Dalam teori Piaget
disebutkan bahwa Anak- anak menyesuaikan pemikiran mereka untuk mencakup
gagasan- gagasan baru, disini anak bisa memperoleh kecerdikan- kecerdikkan
dalam memecahkan masalah yang ditemui.
|
Analisis dari kedua media :
Komik Miki tikus yang berjudul diselamatkan putri duyung
ini ada unsur teori Erikson, disebutkan tekun dan rendah diri. Disini sang putri
duyung merasa rendah diri dalam berteman, disana disebutkan bahwa putri duyung
merasa tidak memiliki teman. Nah sifat yang rendah diri ini menurut saya ada
dalam teori Erikson. Selain itu juga ada teori Piaget, pengembangan kognitif
anak dikembangkan juga melalui warna- warna pada komik tersebut.
Film ‘HOP’ ini mengandung teori
Piaget disebutkan bahwa Anak- anak menyesuaikan pemikiran mereka untuk mencakup
gagasan- gagasan baru, disini anak bisa memperoleh kecerdikan- kecerdikkan
dalam memecahkan masalah yang ditemui. Juga bisa mengasah dan memilah tingkah
laku baru yang baik yang dapat dicontoh dari film ‘HOP’ ini.
My opinion / conclusion :
Menurut saya film yang diberikan kepada anak
sudah cukup baik, karena ada pesan yang diberikan dan tidak hanya sekedar film
yang tidak bermutu. Disini anak bisa menonton film sambil belajar memahami
karakter dan dengan bimbingan orang tua anak bisa tau mana hal yang baik
dilakukan dan buruk untuk dilakukan. Anak juga bisa belajar membedakan warna-
warna yang telah disajikan atau ada didalam film.
Komik Miki ini sangat menarik, karena
berwarna maka anak- anak cenderung menjadi tertarik dan ingin membacanya. Ini
juga dapat memberikan pesan positif karena mungkin anak yang sebelumnya malas
membaca jadi lebih suka membaca. Didalam cerita ini juga terdapat pesan moral
yang diberikan kepada anak- anak, dan anak- anak juga akan mengerti hal yang
baik dan tidak.
Namun dari apapun yang dibaca, ditonton, dan
didengarkan oleh anak- anak, tetap dibutuhkan peran orangtua untuk membimbing
anak- anak dan menemani mereka. Karena anak- anak sepintar dan secerdas apapun
tetap butuh peran orangtua dalam mendidik dan mengotrol anak- anaknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar